Rabu, 09 Juli 2008

MANAJEMEN KARIR

MEMETAKAN MASA DEPAN
§ Perencanaan yang efektif adalah inti sukses karir. Nilailah posisi anda saat ini, putuskan ke mana anda ingin melangkah, dan kemudian gunakan pengalaman anda untuk membantu anda memetakan jalan terbaik menuju masa depan.
§ Pandanglah manajemen karir anda sebagai proyek baru yang menarik.
§ Luangkan waktu dan tenaga untuk merencanakan karir anda.

MENGAPA PERLU MANAJEMEN KARIR?
Sukses dan kebahagiaan di tempat kerja jarang dicapai secara kebetulan. Sadari bahwa dengan pendekatan proaktif terhadap manajemen karir anda, lebih besar kemungkinannya untuk mewujudkan ambisi-ambisi anda, bertindak adil terhadap ketrampilan anda, dan bertahan dalam pekerjaan penuh.

MEMBUAT PILIHAN YANG BIJAKSANA
Untuk membuat pilihan terbaik dari semua pilihan karir yang ada di depan anda selama kehidupan kerja anda, anda harus jelas mengenai tujuan-tujuan anda, peka terhadap peluang-peluang, dan cepat membuat keputusan-keputusan penting ketika diperlukan. Perencanaan efektif akan membantu anda untuk senantiasa siap dan fokus, sehingga ketika anda memerlukan, anda dapat membuat pilihan yang tepat. Tak seorang pun ingin melihat ke belakang di jalur karir mereka saat mereka pensiun dan berharap mereka dulu mengambil jalur yang berbeda atau melakukan sesuatu dengan cara yang berbeda

HAL-HAL YANG HARUS DIINGAT
§ Karir dapat diibaratkan sebagai perjalanan: jika perjalanan ingin dijadikan sebagai ekspedisi yang bermakna dan bukan ekspedisi yang tanpa tujuan, perjalanan harus di manage dengan baik.
§ Derajat kepuasan yang anda peroleh dari pekerjaan anda berada dalam kontrol anda sendiri.

MEMPEROLEH KESADARAN AKAN TUJUAN
Jalur karir yang paling sukses memiliki perencanaan yang baik, kesadaran akan arah, dan tonggak-tonggak yang jelas sepanjang jalur tersebut. Jalur karir harus fleksibel tapi terstruktur. Jika anda punya "peta" rute yang anda tuju, anda dapat memastikan bahwa semua aktivitas dalam kehidupan kerja anda membantu memajukan tujuan-tujuan anda dan memberi anda kesadaran akan tujuan.

MEMPEROLEH KESADARAN AKAN TUJUAN
Membuat manajemen karir tidak berarti menutup pikiran anda terhadap nasib baik dan kesempatan, tapi melibatkan berbicara dan berpikir tentang karir anda dengan cara yang metodis. Ini akan membantu anda memperoleh wawasan yang lebih dalam dan mengenali peluang­peluang ketika peluang itu muncul, sehingga anda dapat merebut peluang yang terbaik.

MEMAKSIMALKAN PENGALAMAN ANDAJarang anda dapat mengetahui dari pengalaman kerja pertama anda ke mana anda ingin pergi selanjutnya dalam karir anda. Seringkali orang menemukan kecocokan seiring berlalunya waktu, dengan belajar dari reaksi mereka terhadap posisi-posisi, lingkungan, peran, dan tanggung jawab yang berbeda-beda. Dengan aktif manage karir anda akan membantu anda menggunakan semua pengalaman anda dengan efektif, sehingga anda dapat menghindari mengulangi peristiwa-peristiwa yang kurang sukses dan memaksimalkan kepuasan anda dengan kehidupan kerja anda.

MEMAKSIMALKAN PENGALAMAN ANDA
Anda akan punya bekal yang lebih baik untuk meramalkan situasi-situasi, membuat rencana-rencana yang realistis dan masuk akal, dan bertindak berdasarkan itu semua. Sebagai akibatnya, anda akan memiliki kepercayaan yang lebih besar dan lebih jelas mengenai prioritas-prioritas pribadi anda.

MEMENUHI POTENSI ANDA
Mengendalikan karir anda mendorong anda untuk meng­optimalkan kemampuan-kemampuan anda sehingga anda merasa tertantang di tempat kerja. Meraih tujuan-tujuan karir juga mendatangkan kepuasan yang besar.

MEMAHAMI MANAJEMEN KARIR
Manajemen karir bukanlah pilihan melainkan keniscayaan untuk menghentikan atau mencegah terombang-ambingnya karir. Bersikaplah proaktif dalam mengembangkan rencana karir anda sehingga anda tidak kehilangan manfaat dari fokus, dorongan, dan arah yang lebih besar.


MEMAHAMI MANAJEMEN KARIR
Catat bahwa manajemen karir memberi anda fokus tambahan dalam bidang-bidang kehidupan lainnya.

PERTANYAAN‑PERTANYAAN YANG PERLU ANDA AJUKAN PADA DIRI ANDA SENDIRI
§ Apa arti manajemen karir bagiku?
§ Apa daya tarik dari mendalami masalah ini?
§ Bagaimana saya manage karir saya selama ini?
§ Aspek-aspek mana dari karir saya yang menurutku perlu perhatian?
§ Bagaimana saya melukiskan pandangan karir saya?

MEMPERJELAS PERJALANAN ANDASebagaimana anda tidak akan berangkat dalam suatu perjalanan tanpa ada suatu tujuan dan peta kasar dalam pikiran, begitupula anda perlu membuat rencana yang sama bagi keberhasilan karir anda. Dengan adanya kejelasan tentang bagaimana mencapai tujuan-tujuan anda, anda akan memaksimalkan peluang sukses anda. Jika anda berorientasi pada karir, maka anda mungkin sudah manage karir anda. Namun, selalu ada skop untuk meningkatkan kesadaran karir anda melalui analisis dan ulasan.

MEMPERJELAS PERJALANAN ANDA
Analisislah hal-hal penting dalam karir anda selama ini untuk memperjelas arah ke depan

INVESTASI DALAM DIRI ANDA SENDIRI Konsep manajemen karir mungkin kedengaran menakutkan, khususnya jika anda merasa kehidupan anda sudah terlalu sibuk. Tetapi meluangkan waktu untuk memikirkan karir anda secara detil merupakan investasi sangat berharga yang akan memungkinkan anda untuk memperkaya kehidupan kerja anda

MENYUSUN RENCANA
Sebagian orang punya ide karir dini yang mempertahankan mereka selama bertahun-tahun dan mereka menghabiskan waktu dan tenaga untuk meraih satu tujuan. Namun, dengan apa yang mereka raih dengan penuh tekad itu, mereka berisiko kehilangan karena tidak dapat beradaptasi dan terbuka terhadap sesuatu yang tak terduga. Orang lain samar-samar mengenai apa yang ingin mereka raih dan puas melihat apa yang muncul dalam perjalanan meraih peluang-peluang karir.

MENYUSUN RENCANA
Orang-orang ini mendapatkan manfaat dari sikap fleksibel dalam hal pilihan-pilihan karir mereka tapi mungkin tidak mengalami kemajuan yang cukup pesat. Pendekatan terbaik ialah membuat rencana terstruktur untuk memberi anda kesadaran akan arah dan mencegah ketidakpastian karir, tapi pada waktu yang sama tetap fleksibel untuk membantu anda menyesuaikan diri dengan perubahan­ perubahan sepanjang perjalanan karir.


HAL-HAL YANG HARUS DIINGAT
§ Hasil-hasil yang anda capai bergantung pada pilihan-pilihan dan keputusan-keputusan yang anda buat.
§ Anda bertanggung jawab atas pilihan-pilihan yang anda buat, dan anda dapat mengendalikan keseimbangan kerja dan kehidupan anda.

MENJADI MANAJER KARIR YANG EFEKTIF
Seorang manajer karir punya pendekatan proaktif terhadap kehidupan, dengan mengambil prakarsa dan membuat segala sesuatu terjadi. Penyimpangan karir punya pendekatan pasif, dengan lebih suka diam dan membuat pilihan termudah.

PENYIMPANGAN KARIR
§ Merasa lepas kendali
§ Tidak yakin dengan langkah berikutnya Mengharapkan sesuatu "terjadi begitu saja“
§ Tidak jelas mengenai masa depan; merasa waktu cepat berlalu

MANAJER KARIR
§ Jelas mengenai prioritas-prioritas pribadi
§ Punya kesadaran akan arah
§ Dapat melihat jalan ke depan
§ Mengoptimalkan pengalaman
§ Ingat bahwa tidak ada istilah terlalu awal atau terlambat untuk mulai manage karir anda.

MENINGKATKAN KONTROL ANDA
Dengan manajemen karir tidak berarti bahwa segala sesuatu dapat diprediksi, karena akan selalu ada faktor­faktor tertentu di luar kontrol anda. Relokasi tempat perusahaan, perubahan dalam personalia, fluktuasi nilai komersial, atau restrukturisasi manajemen adalah contoh-contoh keputusan yang mungkin anda tidak memiliki pengaruh terhadapnya karena keputusan itu muncul dari lingkungan eksternal.

MENINGKATKAN KONTROL ANDA
Juga akan ada saat-saat, seperti dalam situasi-situasi tak terduga atau sulit, ketika anda tidak dapat memprediksi atau mengontrol reaksi anda sendiri. Namun, setelah memetakan masa depan anda, anda akan dapat memfokuskan diri padatujuan-tujuanjangka panjang anda selama periode-periode yang menantang ini, yang dapat membantu anda tetap objektif dan meningkatkan kontrol anda.

APA ITU KARIR?
Karir lebih dari sekadar pekerjaan tetap. Aktivitas-aktivitas
berikut ini harus dianggap sebagai bagian penting dari karir
anda:
§ Kontrak-kontrak permanen atau kasual (meskipun singkat)
§ Freelance, konsultan, atau kerja-sendiri
§ Aktivitas pasca-pensiun
§ Pendidikan dan pelatihan formal
§ Studi informal atau materi yang dipelajari sendiri
§ Aktivitas-aktivitas pengembangan (belajar yang berbasis pada pekerjaan atau belajar privat)
§ Kerja sukarela atau aktivitas amal
§ Perwakilan atau keterlibatan politik atau publik
§ Hobi atau minat

APA ITU KARIR?
Gunakan setiap kesempatan untuk belajar dan mengembangkan ketrampilan anda.

MEMBUAT PILIHAN-PILIHAN DALAM USIA TUA
Meskipun George telah mencapai usia pensiun, dia masih dapat mengambil manfaat dari manajemen karirnya. Pengalaman dia selama bertahun-tahun dalam kerja suka rela membuat dia dapat berdiri kokoh ketika dia memutuskan untuk aktif mengejar jabatan baru. Komite gereja senang mempekerjakan George sebagai pengawas gereja, dan dia tetap menikmati kehidupan kerjanya dan mengembangkan ketrampilan-ketrampilan baru dalam peran ini.


MENGIKUTI PERKEMBANGAN TERBARU
Perubahan-perubahan dalam lingkungan kerja kadang­kadang dapat menimpa anda ketika anda hanya sibuk menjalani kehidupan anda. Coba berpikirlah tentang perkembangan teknologi komunikasi selama 30 tahun terakhir dan anda memiliki sebuah contoh yang jelas tentang penemuan-penemuan terbaru. Manajemen karir melibatkan pemberian perhatian pada perkembangan anda sendiri sehingga anda terus-menerus belajar dan menambah pengalaman anda. Dengan melakukan ini anda menghindari risiko didahului oleh orang-orang yang ketrampilannya lebih mutakhir dan baru.


MENDEFINISIKAN ASPEK-ASPEK PENTINGMANAJEMEN KARIR
ANALISIS-DIRI
Belajar tentang diri anda dengan mengevaluasi pengalaman masa lalu anda
§ FAKTOR-FAKTOR YANG
PERLU DIPERTIMBANGKAN

§ Penilaian yang jujur tentang karir anda akan membantu anda membuat kesimpulan yang berguna mengenai kekuatan dan kelemahan anda.
§ Analisis akan membantu anda memutuskan di mana anda akan paling "cocok".

MENDEFINISIKAN ASPEK-ASPEK PENTING MANAJEMEN KARIR
§ PENILAIAN PASAR
Memahami apa yang
ditawarkan di pasar kerja
§ Riset pasar kerja yang
menyeluruh adalah sarana
untuk menemukan peluang
yang relevan dalam bidang
anda.
§ Pertimbangkan kontribusi
anda sendiri bagi dunia kerja.

MENDEFINISIKAN ASPEK-ASPEK PENTINGMANAJEMEN KARIR
§ PENETAPAN SASARAN
Menetapkan apa yang anda inginkan untuk dicapai dan kapan
§ Penetapan target akan membuat anda lebih terfokus.
§ Begitu anda telah menetapkan target, anda dapat merencanakan langkah-langkah yang diperlukan untuk mencapainya sehingga anda mengalami kemajuan dengan mulus.

MENDEFINISIKAN ASPEK-ASPEK PENTINGMANAJEMEN KARIR
§ MANAJEMEN PERUBAHAN
§ Menangani kesulitan pekerjaan ketika muncul
§ Menangani perubahan dengan efektif melibatkan sikap adaptasi dan siap untuk mengubah arah karir jika diperlukan.
§ Libatkan orang lain jika perubahannya besar.


MENDEFINISIKAN ASPEK-ASPEK PENTINGMANAJEMEN KARIR
§ MEMANTAU
§ Mengecek kemajuan ke arah tujuan-tujuan karir.
§ Mengadakan sesi kaji ulang reguler dan perencanaan akan memastikan bahwa anda berada di atas jalur yang benar.
§ Pantaulah perkembangan baru yang mungkin mempengaruhi karir anda.








Tidak ada komentar: