Jumat, 11 Juli 2008

KOMPETENSI KEBERHASILAN

14 KOMPETENSI UNTUK KEBERHASILAN

1. ORIENTASI TERHADAP HASIL

a. Membuat rencana kerja secara jelas dan terukur
b. Menciptakan sistim atau cara-cara yang lebih efisien.
c. Mencari kesempatan untuk menyederhanakan peraturan peraturan
d. Melakukan tindakan-tindakan yang efektif dan efisien
e. Menghindari banyak bicara yang tak berguna, mementingkan kerja.
f. Memfokuskan diri pada hasil yang hendak dicapai
g. Menghargai waktu demi mencapai hasil yang tinggi
h. Setiap pekerjaan memiliki hasil yang jelas/terukur

2. INISIATIF

a. Mengambil tindakan untuk memecahkan masalah sebelum diminta atau sebelum situasi memintanya.
b. Menerima atau mencari tugas-tugas tambahan dan tanggung jawab yang sifatnya menantang.
c. Berusaha dengan sungguh-sungguh tanpa mengenal waktu untuk menyelesaikan suatu tugas.
d. Terus menerus melakukan inisiatif-inisiatif yang penting meskipun tanpa adanya bantuan atau dukungan dari orang lain didalam organisasi/perusahaan.
e. Menemukan cara-cara atau ide-ide yang dapat meningkatkan organisasi atau perusahaan.
f. Mengisi waktu kosong dengan tindakan-tindakan yang berguna yang dapat meningkatkan citra perusahaan

3. MEMBUAT DIAGNOSA SECARA TEPAT

a. Menemukan hal yang tidak konsisten atau menyimpang
b. Menemukan persoalan pokok didalam situasi yang kompleks.
c. Mengumpulkan informasi dari beberapa sumber sebagai dasar untuk membuat rekomendasi.
d. Mampu mengemukakan suatu masalah yang ditemukan

4. BERPIKIR DAN BERTINDAK SISTIMATIS

a. Membuat rencana formal atau mengorganisir kerangka kerja, untuk membahas dan menelusuri masalah (misalnya: rencana kerja).
b. Mengatur dan menyimpan data berdasarkan katagori kepentingan dan katagori subyek yang akan memudahkan saat pencarian untuk diperlukan
c. Berpikir dan berbuat berdasarkan prioritas
d. Mengerjakan pekerjaan berurutan Berdasarkan kepentingan
e. Menyajikan usulan atau pendapat secara singkat dan jelas
f. Mendahulukan pekerjaan-pekerjaan yang penting

5. BERPIKIR KEDEPAN

a. Membuat rencana jangka panjang untuk memenuhi kebutuhan -kebutuhan khusus dan mencapai target-target yang yang dikehendaki Perusahaan.
b. Mencari cara-cara untuk memperkecil terjadinya hasil hasil yang kurang memuaskan dimasa mendatang
c. Mencari cara-cara untuk memperoleh hasil-hasil yang lebih baik dimasa mendatang.

6. PEDULI TERHADAP CITRA YANG POSITIF

a. Mengerjakan hal-hal yang dapat meningkatkan citra Perusahaan.
b. Mengetahui pentingnya kesan-kesan yang diciptakannya terhadap orang lain pada setiap situasi.
c. Mengembangkan dan memelihara citra yang positif dengan para pelanggan/karyawan lainnya.
d. Menjaga citra diri selalu positif

7. STRATEGI DALAM MEMBERIKAN PENGARUH

a. Menghubungi langsung para pemegang keputusan atau pihak-pihak yang berpengaruh agar dapat melaksanakan pekerjaannya.
b. Memanfaatkan situasi non-formal untuk mempercepat penyelesaian objective perusahaan.
c. Menyediakan diri untuk berdiskusi atau negosiasi supaya dapat menyatukan perbedaan-perbedaan pendapat atau memecahkan masalah.
d. Membuat rencana untuk mempengaruhi seseorang atau kelompok yang berperan.
e. Membuat dan menjaga hubungan dengan orang-orang yang memegang peranan didalam maupun diluar organisasi yang dapat memberikan informasi yang diperlukan.

8. DAYA TANGGAP DALAM BERINTERAKSI

a. Membaca reaksi atau perasaan orang dalam suatu situasi.
b. Mengetahui cara berhubungan dengan orang yang mempunyai posisi dan latar belakang yang berbeda.
c. Mengingatkan orang lain atas kesan negative yang pernah dilakukan
d. “Tepo seliro”/tenggang rasa
e. Gunakan bahasa yang Sesuai dengan tingkat orang yang diajak bicara
f. Hindarkan kata-kata yang dapat menyinggung perasaan orang lain
g. Hindarkan menekankan suatu kehendak pada orang lain.
h. Hindarkan kebiasaan berseloroh.

9. KOMUNIKASI YANG BAIK DAN JELAS

a. Menyajikan informasi yang jelas dan dapat dimengerti oleh orang lain.
b. Membuat argumentasi dengan memperhatikan kepentingan orang lain.
c. Memberikan perintah kerja dengan jelas.
d. Berbicara dengan nada suara yang jelas dan tidak terkesan membentak
e. Bertanya jika ada sesuatu yang tidak jelas
f. Mampu memberikan sumbang saran yang konstruktif.
g. Hindari menukas pembicaraan orang lain
h. Mengerti dulu baru minta di mengerti

10. ORIENTASI TERHADAP PELAYANAN

a. Menyajikan pilihan-pilihan untuk membantu atasan dalam memecahkan suatu masalah.
b. Menghargai problem pelanggan dan menyediakan alternatif untuk pemecahannya.
c. Mengenal posisi staff sebagai penasehat yang memberikan pelayanan pada tingkat manager.
d. Selalu memperlakukan pelanggan sebagai raja
e. Bertindak cepat dalam melayani pelanggan

11. PEDULI TERHADAP STANDARD PROFESSIONAL

a. Memastikan bahwa informasi yang diperoleh akurat, lengkap dan memenuhi kriteria Completed Staff Work.
b. Menyiapkan rapat atau presentasi dengan dokumen, yaitu dari angka-angka dan praktek yang memadai.
c. Memelihara kerahasiaan informasi yang penting.
d. Bekerja atas dasar standar-standar yang telah ditentukan

12. MENGEMBANGKAN ORANG LAIN

a. Membuat pedoman dan memberi nasehat untuk membantu mengembangkan keahlian dan kemampuan orang lain.
b. Menyediakan kesempatan untuk tukar menukar gagasan, praktek dan umpan balik untuk mengembangkan keahlian khusus orang lain.
c. Mendidik dan mengajar orang lain didalam grup
d. Mampu memberi saran-saran untuk peningkatan diri orang lain

13. PERCAYA DIRI

a. Menunjukkan tingkat keyakinan diri yang tinggi didalam mengambil keputusan.
b. Bangga terhadap pekerjaan dan keahliannya.
c. Tetap tenang dan objektif didalam situasi yang stress.
d. Mampu menyampaikan gagasan atau ide didepan rapat
e. Mampu berbicara dengan baik di depan forum

14. PENGEMBANGAN DIRI SENDIRI
Mencari kesempatan dan sarana untuk mengembangkan keahlian dan pengetahuan professional.
Menilai unjuk kerjanya sendiri dan mencari umpan balik untuk mengembangkan diri sendiri.

Tidak ada komentar: